Nama :Intan Sari
Nim :2512.012
UTS EVALUASI PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyelueru
tentang proses dan hasil yang telah dicapai siswa disebut...
a.
Evaluasi
b.
Penilaian
c.
Pengukuran
d.
Tes
e.
Observasi
2.
Istilah
“pengukuran”dalam sistem evaluasi
merupakan suatu kegiatan yang bersifat...
a.
Kualitatif
b.
Akurat
c.
Komparasi
d.
Kuantitatif
e.
pengujian
3.
Berikut
ini tujuan penilaiaan yang dikekmukakan oleh Chittenden,kecuali...
a.
Keeping
track
b.
Knowledge
c.
Finding-up
d.
Finding-out
e.
Summing-up
4.
1.
Membuat soal
2.M enyusun kisi-kisi
3.Analisis silabus
4.Membuat kunci jawaban
5.Menyusun pedoman penskoran
6.Menyususun lembar jawaban
Urutan langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal adalah...
a.
1-2-3-4-5-6
b.
3-2-1-6-4-5
c.
3-2-1-6-5-4
d.
3-2-1-5-6-4
e.
6-5-4-2-3-1
5.
Dalam
penilaian hasil belajar ada 4 kemungkinan tujuan penilaian,kecuali...
a.
Formatif
b.
Syinthesis
c.
Sumatif
d.
Diagnostik
e.
Penempatan
6.
I.Berdasarkan
isi dan tujun bersifat umum.
II.Memiliki derajat kesedihan yang tinggi
III.Mencangkup pengetahuan dan kecakapan yang khusus
IV.Item-item jarang di uji cobakan sebelum menjadi bagian tes
tersebut
Dari data di atas manakah yang merupakan tes baku dalam
pengembangan evaluasi jenis tes
a.
I dan II
b.
I dan
III
c.
II
dan IV
d.
I,II,
dan III
e.
Semua
pernyataan benar
7.
Pilihan
Jawaban
a.
Jika
pernyataan benar,alasan benar ,dan alasan merupakan sebab dari pernyataaan
b.
Jika
pernyataan benar,alasan benar,tetapi alasan bukan merupakan sebab dari
pernyataan
c.
Jika
pernyataan benar tetapi alasan salah
d.
Jika
pernyataan salah,tetapi alasan benar
e.
Jika
pernyataan salah,alasan salah
Soal:
Prinsip tes kemampuan adalah tidak adanya batasan waktu di dalam
pengerjaan tes SEBAB jika waktu tes dibatasi maka ada kemungkinan kemampuan
peserta didik tidak dapat diungkapkan secara utuh.
8.
Untuk
melihat bagaimana cara menggunakan komputer dengan baik dan benar,guru harus
menyuruh peserta didik untuk mempraktikkan atau mengoperasikan penggunaan komputer
yang sesungguhnya sesuai dengan prosedur yang baik dan benar...
Dari pernyataan di atas,tes evaluasi yang digunakan adalah...
a.
Tes
Perbuatan
b.
Tes
Lisan
c.
Observasi
d.
Studi
Kasus
e.
Portofolio
9.
Suatu
proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis,logis, objektif,dan rasional
mengenai berbagai fenomena,baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam
situasi buatan untuk mencapai tujuan tertentu.
Pernyataan di atas merupakan pengembangan instrumen evaluasi...
a.
Jenis
non tes dalam bentuk obsevasi
b.
Jenis
non tes dalam bentuk Wawancara
c.
Jenis
non tes dalam bentuk Angket
d.
Jenis
non tes dalam bentuk Studi Kasus
e.
Jenis
non tes dalam bentuk sosiometri
10. Pemberian penghargaan kepada peserta didik sangat berpengaruh
terhadap keberhasilan belajar peserta didik,sebab...
a.
Dapat
membangkitkan semangat atau motivasi belajar peserta didik
b.
Membuat
peserta didik menjadi ingin dimanja
c.
Dapat
membuat peserta didik merasa di anak emaskan
d.
Membuat
anak didik menjadi sombong karna memiliki kelebihan dari teman yang lainnya
e.
Membuat
Peserta didik menjadi malas-malasan karena sudah merasa pintar.
11. Pada hakekatnya penilaian berbasis kelas untuk kepentingan...
a.
Guru
b.
Peserta
didik
c.
Kepala
sekolah
d.
Orang
tua dan semua pihak-pihak lain yang membutuhkan
e.
A,b,c,
dan d benar
12. Suatu teknik penilaian yang digunakan untuk mengetahui tigkat
pencapaian kopetensi dan perkembangan pesrta didik berdasarkan kumpulan hsil
kerja dari waktu kewaktu adalah...
a.
Penilaian
prestasi belajar
b.
Penilaian
kinerja
c.
Penilaian
alternatif
d.
Penilaian
portofolio
e.
Penilaian
autenti
13. Suatu acun bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran,sehingga
dapat membantu proses belajar peserta didik secara optimal disebut...
a.
Deskripsi
mata pelajaran
b.
Pengalaman
belajar
c.
Silabus
mata pelajaran
d.
Struktur
pembelajaran
e.
Kompetensi
dasar
14. Dasar pemikiran portofolio yaitu...
a.
Untuk
orangtua agar mengetahui perkembangan anak di sekolah secara terperinci
b.
Hanya
sebagai laporan pelengkap saja
c.
Syarat
kurikulum baru
d.
Laporan
bag keala sekolah mengenai data peserta didik
e.
Sebagai
bahan pertimbangan oleh guru untuk memberikan nilai kepada peserta didik.
15. Salah satu prinsip portofolio yaitu “confidentiality”,maksudnya...
a.
Saling
mempercayai
b.
Milik
bersama
c.
Kerahasiaan
bersama
d.
Kepuasan
e.
Kesesuaian
Isilah titik-titik dibawah ini!
1.
proses mengumpulkan data dan menyusun data.
Penilaian bisa bersifat qualitatif
maupun quantitative disebut...
2.
yang
bertanggung jawab dalam melaksankan evaluasi pembelajaran adalah...
3.
Penilaian
formatif dimaksudkan untuk pemantau kemajuan belajar peserta didik selama...
4.
format
pemetaan soal yang menggambarkan distribusi item untuk berbagai topik atau
pokok bahasan berdasarkan jenjang kemampuan tertentu yang berfungsi sebagai
pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi perangkat tes disibut...
5.
tujuan
tingkah laku sebagai “a goal for or desired outcome of learning which is expresed in terms of obserfable behavior
or performance of the leaner” merupakn defenisi dari ...dan...
6.
Tes
objektif sering juga disebut tes dikotomi karena jawabannya antara...dan ...
7.
Tes
objektif terdiri dari beberapa bentuk diantaranya adalah...
8.
Tes
lisan adalah tes yang menuntut jawaban dari peserta didik dalam bentuk...
9.
cara menghimpun bahan-bahan keterangan (data)
yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis,
logis, objektif dan rasional terhadap fenomena-fenomena yang sedang dijadikan
sebagai sasaran pengamatan merupakan
defenisi dari...
10. Studi kasus adalah mempelajari individu dalam proses tertentu secara ... untuk melihat perkembangannya
11. proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk pemberian
nilai terhadap hasil belajar siswa berdasarkan tahapan kemajuan belajarnya
sehingga didapatkan potret/profil kemampuan siswa sesuai dengan daftar
kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum disebut...
12. Tujuan penilaian berbasis kelas ialah Finding-out yaitu...
13. Domain dan Alat Penilaian Berbasis Kelas dtinjau
dari dimensi kompetensi yang ingin dicapai yaitu...
14. Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi pada
kompetensi,maksudnya...
15. Penilaian autentik yang pertama adalah penilaian...
Benar/Salah:
1.
Evaluasi
merupakan suatu proses atau kegiatan mendeskripsikan, mengumpulkan yang
terencana untuk mengetahui suatu objek dengan menggunakan instrument dan
hasilnya akan dijadikan tolak ukur untuk mencapai suatu kesimpulan dalam
pembelajaran dan menganalisis sejauh mana ketercapaian tujuan
pembelajaran(Benar/Salah)
2. Tujuan evaluasi pembelajaranUntuk mengsetahui
keefektifan dan efisisensi sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tentang
tujuan, materi, metode, media, sumber, belajar, lingkungan maupun sistem
penilaian itu sendiri. (Benar/Salah)
3.
Pengukuran adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat
penilaian yang biasa dipakai untuk mengetahui
keberhasilan belajar siswa dan berbagai ragam informasi atau ketercapaian
kompetensi belajar peserta didik. Penilaian hasil belajara pada dasarnya adalah
mempermasalahakan, bagaimana pengajar (guru) dapat mengetahui hasil pembelajaran yang telah
dilakukan. (Benar/Salah)
- Secara didaktis-metodis, evaluasi berfungsi untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing serta membantu guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya. (Benar/Salah)
- Matching: terdiri dari stem dan option, pokok soal dirumuskan dalam bentuk pernyataan tidak lengkap atau pertanyaan. (Benar/Salah)
- Multiplechoise: rumusan persoalan dalam bentuk kalimat pernyataan yang tidak lengkap dan menuntut jawaban yang singkat. (Benar/Salah)
7.
Tes lisan adalah tes
yang menuntut jawaban dari peserta didik dalam bentuk lisan.(Benar/Salah)
8.
Untuk aspek jawaban
pada teknik tes ialah bersifat relatif – ada variasi kebenaran, sedangkan non
tes bersifat kebenarannya bersifat mutlak.(Benar/Salah)
9.
Penilaian
non test adalah “penilaian pengamatan perubahan tingkah laku yang berhubungan
dengan apa yang dapat diperbuat atau dikerjakan oleh peserta didik dibandingkan
dengan apa yang diketahui atau dipahaminya”. Dengan kata lain penilaian non
test behubungan dengan penampilan yang dapat diamati dibandingkan dengan
pengetahuan dan proses mental lainnya yang tidak dapat diamati oleh indera.(Benar/Salah)
10. Observasi merupakan suatu proses pengamatan dan pencatatan secara
sistematis, logis, objektif dan rasional mengenati berbagai fenomena yang
bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dan mengukur factor-faktor
yang diamati khususnya kecakapan social.(Benar/Salah)
11. Penilaian berbasis kelas merupakan suatu proses yang dilakukan
melalui langkah-langkah perencanaan, pengumpulan informasi melalui sejumlah
bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa, pelaporan, dan
penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa.(Benar/Salah)
12. Penilaian Autentik Adalah penilaian yang bermakna secara siknifikan atas
hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap,keterampilan,dan pengetahuan.(Benar/Salah)
13. Tujuan penilaian
berbasis kelas ialah Summing-up yaitu menemukan kelemahan & kesalahan dalam
pembelajaran.(Benar/Salah)
14.
Pada
hakikatnya tujuan penilaian portofolio adalah untuk memberikan informasi kepada
orang tua tentang perkembangan peserta didik secara lengakap dengan dukungan
data dan dokumen yang akurat.(Benar/Salah)
15.
Karakter
Evaluasi non tes terdiri dari Benar-salah, Multiplechoise, Matching,
Completion, Short Answer.(Benar/Salah)
ESSAY:
1.
Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang evaluasi?
2. Bedakan antara evaluasi, tes, penilaian,dan
pengukuran ?
3. Evaluasi merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran.
Menurut Anda apa hakikat, tujuan,dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran
?
4. Bagaimana fungsi evaluasi terhadap pekembangan
peserta didik ?
5. Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, seorang evaluator harus
memperhatikan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran. Coba Anda jelaskan apa
saja yang termasuk ke dalam prinsin-prinsip evaluasi pembelajaran !
6. Keberhasilan suatu kegiatan evaluasi dipengaruhi oleh keberhasilan
evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi.coba anda sebutkan apa saja
prosedur evaluasi!
7.
Jelaskan
pendapat saudara mengapa evaluasi perlu direncanakan?
8.
Tujuan pelaksanaan evaluasi adalah untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai keseluruhan aspek
kepribadian dan prestasi belajr peserta didik.jelaskan mengenai aspek tersebut!
9.
Dalam pengolahan data ada empat langkah pokok dalam mengolah hasil
penilaian.apa saja langkah pokok tersebut?
10. Coba anda sebutkan penggunaan hasil evaluasi!
11. Sebutkan dan Jelaskan karakter jenis-jenis tes objektif!
12. Sebutkan pengertian teknik penilaian tes objektif dan ciri-cirinya beserta
kekurangan dan kelebihannya!
13. Sebutkan pengertian teknik penilaian tes subjektif dan ciri-cirinya beserta
kekurangan dan kelebihannya!
14. Tes lisan adalah tes yang menuntut jawaban dari peserta didik dalam bentuk
lisan.peserta didik akan mengucapkan jawabannya dengan kata-katnya sendiri
sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan.jelaskan apa saja
kebaikan tes lisan?
15. Apa perbedaan teknik penilaian tes dan non tes?
16. Apa saja Macam-macam Instrument Evaluasi Non-tes?
17. Jelaskan pengertian evaluasi non tes?
18. Menurut pendapat anda mengapa evaluasi non tes perlu dilakukan?
19. Salah satu Macam-macam Instrument Evaluasi Non-tes yaitu
observasi,jelaskan apa itu instrumen evaluasi dan apa karakteristik dari
observasi tersebut?
20. Apa saja kelemahan dan kelebihan jenis instrument wawancara?
21. Apa Pengertian Penelitian Berbasis Kelas?
22. Apa Tujuan dan Fungsi Penilaian Berbasis
Kelas?
23.
Sesuai
dengan petunjuk pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dikeluarkan
oleh Departemen Pendidikan Nasional, maka obyek penilaian berbasis kelas adalah...
Jelaskan ketiga obyek penilaian berbasis kelas tersebut!
24. Domain Psikomotor untuk Penilaian Berbasis meliputi ?
25. Sebutkan 5 diantara 7 Jenis-Jenis
Penilaian Berbasis Kelas!
26. Jelaskan Pengertian Penilaian Autentik
27. Menurut pendapat anda apa tujuan diterapkannya penilaian portofolio di
indonesia?
28. Jelaskan hakekat penilaian portofolio?
29. Sebutkan 3 Kelebihan dan Kekurangan Penilaian
Portofolio
30.
Coba anda jelaskan mengenai
prinsip portofolio
Nama :Intan Sari
Nim :2512.012
KUNCI JAWABAN EVALUASI PEMBELAJARAN
Objektif:
1.
B 6.A 11.E
2.
B 7.A 12.D
3.
B 8.A 13.C
4.
B 9.A 14.A
5.
B 10.A 15.C
Isian Singkat:
1.
Assesment/Penilaian
2.
Guru
3.
Proses Belajar
Berlangsung
4.
Kisi-kisi
5.
S.J. Montage
dan J.J.Koran
6.
Benar dan Salah
7.
Benar
salah,Pilihan ganda,Menjodohkan,Melengkapi/jawaban singkat.
8.
Lisan
9.
Observasi
10. Terus menerus
11. Penilaian Berbasis Kelas
12. Menentukan Kelemahan dan Kesalahan dalam Pembelajaran
13. Domain Kognitif,Psikomotor,Afektif
14. Penilaian Harus Mencapai Kopetensi Yang Dicapai dalam Kurikulum
15. Sikap
True-False
1.
B 6.S 11.B
2. B 7.B 12.B
3. S 8.S 13.S
4. B 9.B 14.B
5.
S 10.B 15.S
Essay:
1.
Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang evaluasi?
Evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan
mendeskripsikan, mengumpulkan yang terencana untuk mengetahui suatu objek
dengan menggunakan instrument dan hasilnya akan dijadikan tolak ukur untuk
mencapai suatu kesimpulan dalam pembelajaran dan menganalisis sejauh mana
ketercapaian tujuan pembelajaran.
2. Bedakan antara evaluasi, tes, penilaian,dan
pengukuran ?
Jawab :
Evaluasi adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai,
kriteria, atau tindakan dalam pembelajaran. Evaluasi dapat diartikan sebagai
suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan
menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk
memperoleh suatu kesimpulan.
Tes dapat didefinisikan sebagai suatu pernyataan atau alat ukur yang
direncanakan untuk memperoleh informasi untuk mengadakan penyelidikan yang
menggunakan soal-soal yang telah dipilih dan setiap butir pertanyaan atau tugas
mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benar.
Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat
penilaian yang biasa dipakai untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa dan
berbagai ragam informasi atau ketercapaian kompetensi belajar peserta didik.
Penilaian hasil belajara pada dasarnya adalah mempermasalahakan, bagaimana
pengajar (guru) dapat mengetahui hasil
pembelajaran yang telah dilakukan.
Pengukuran adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi
numeric dari suatu tingkatan seorang telah mencapai karakteristik tertentu.
Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk
menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik.
3. Evaluasi merupakan proses yang sangat
penting dalam pembelajaran. Menurut Anda apa hakikat, tujuan,dan fungsi
evaluasi dalam pembelajaran ?
Hakikat evaluasi pembelajaran
Pada dasarnya evalusai secara umum dapat diartikan sebagai proses
sistematis untuk menentukan nilai sesuatu berdasarkan kiriteria tertentu.
Tujuan evaluasi pembelajaran
Untuk mengsetahui keefektifan dan efisisensi sistem pembelajaran, baik
yang menyangkut tentang tujuan, materi, metode, media, sumber, belajar,
lingkungan maupun sistem penilaian itu sendiri.
Fungsi Evaluasi Pembelajaran
- Secara psikologis, peserta didik selalu butuh untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
- Secara sosiologis, evaluasi berfungsi untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat.
- Secara didaktis-metodis, evaluasi berfungsi untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing serta membantu guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya.
- Berfungsi untuk mengetahui kedudukan pesrta didik dalam kelompok, apakah dia termasuk anak yang pandai, sedang, atau kurang pandai.
- Berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik dalam menempuh perogram pendidikannya.
- Berfungsi untuk membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam rangka menentukan jenis pendidikan, jurusan, maupun kenaikan kelas.
- Seacara administratif, evaluasi berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, pejabat pemerintah yang berwenang, kepala sekolah, guru, dan peserta didik itu sendiri
4. Bagaimana fungsi evaluasi terhadap pekembangan
peserta didik ?
Jawab : Fungsi evaluasi terhadap peserta didik adalah sebagai berikut :
1.Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha (prestasi) yang telah
dicapai oleh peserta didiknya.
2. Memberikan informasi yang sangat berguna, guna mengetahui posisi masing-masing peserta didik di tengah-tengah kelompoknya.
3. Memberikan bahan yang penting untuk memilih dan kemudian menetapkan status peserta didik.
4. Memberikan pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagi peserta didik yang memang memerlukannya.
5 Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh mana program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat dicapai.
2. Memberikan informasi yang sangat berguna, guna mengetahui posisi masing-masing peserta didik di tengah-tengah kelompoknya.
3. Memberikan bahan yang penting untuk memilih dan kemudian menetapkan status peserta didik.
4. Memberikan pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagi peserta didik yang memang memerlukannya.
5 Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh mana program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat dicapai.
5. Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran,
seorang evaluator harus memperhatikan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran.
Coba Anda jelaskan apa saja yang termasuk ke dalam prinsin-prinsip evaluasi
pembelajaran !
Kontinuitas : Evaluasi tidak boleh dilakukan secara insidental karena
pembelajaran itu sendiri adalah suatu proses yang kontinu. Proses belajar
peserta didik tidak dapat dilihat dari dimensi produk saja, tetapi juga dimensi
proses bahkan dari dimensi input.
Komprehansif : Dalam melakukan eveluasi terhadap suatu objek, guru harus
mengambil seluruh objek itu sebagai bahan evaluasi. Jika objek evaluasi itu adalah
peserta didik, maka seluruh aspek kepribadian pesrta didik itu harus di
evaluasi, baik yang menyangkut kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Adil dan Objektif : Dalam melakukan eveluasi, guru harus berlaku adil
tanpa pilih kasih. Guru juga hendaknya bertindak secara objektif, apa adanya
sesuai dengan kemampuan peserta didik dan di dasarkan atas kenyataan (data dan
fakta) yang sebenarnya, bukan hasil manipulasi atau rekayasa.
Kooperatif : Dalam melakukan eveluasi, guru hendaknya bekerja sama dengan
semua pihak, seperti orang tua peserta didik, sesama guru, kepala sekolah dan
peserta didik itu sendiri.
Praktis : Dalam menyusun alat eveluasi hendaknya mudah di gunakan, untuk
itu harus diperhatikan bahasa dan petunjuk mengerjakan soal.
6. Keberhasilan suatu kegiatan evaluasi dipengaruhi
oleh keberhasilan evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi.coba anda
sebutkan apa saja prosedur evaluasi
a. Perencanaan evaluasi, yang meliputi analisis
kebutuhan, merumuskan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi,mengembangkan draf
instrumen,uji coba,dan analisis,merefisi dan menyusun instrumen final.
b. Pelaksanaan evaluasi dan monitoring
c. Pengolahan data dan analisis
d. Pelaporan hasil evaluasi
e. Pemanfaatan hasil evaluasi
7.
Jelaskan pendapat saudara mengapa evaluasi perlu direncanakan?
Dalam melaksanakan suatu kegiatan tentunya harus
sesuai dengan apa yang direncanakan.supaya hasil yang diperoleh dapat lebih
maksimal.jika tampa perencanaan yang
jelas maka hasilnya kurang
maksimal.oleh sebab itu seorang evaluator harus dapat membuat
perencanaan.perencanaan ini penting karena akan mempengaruhi langkah-langkah
selanjutnya,bahkan mempengaruhi keefektifan evaluasi secara menyeluru.
8.
Tujuan pelaksanaan evaluasi adalah untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai keseluruhan aspek
kepribadian dan prestasi belajr peserta didik.jelaskan mengenai aspek
tersebut..
f. Data pribadi(personal)peserta didik,seperti
nama,tempat dan tanggal lahir,jenis kelamin,golongan darah,alamat dan lain-lain
g. Data tentang kesehatan peserta didik,seperti penghliatan,pendengaran,penyakit
yang diderita,dan kondisi fisik.
h. Data tentang prestasi belajar(achievement)peserta
didik di sekolah.
i.
Data tentang sikap (attitude)peserta didik, seperti sikap terhadap sesama
teman sebaya,sikap terhadap kegiatan pembelajaran,sikap terhadap guru,dan
kepala sekolah,dan sikap terhadap lingkungan sosial.
j.
Data tentang bakat(aptitude)peserta didik,seperti ada tidaknya bakat di
bidang olahraga,keterampilan mekanis,managemen,kesenian,dan keguruan.
k. Persoalan penyesuaian(djustment)seperti kegiatan
anak dalam organisasi sekolah,forum ilmiah,olahraga,dan kepanduan.
l.
Data tentang minat(interest)peserta didik.
m. Data tentang rencana masadepan peserta didik yang
dibantu oleh guru dan orang tua sesuai dengan kesanggupan anak.
n. Data tentang latar belakang peserta didik,seperti
pekerjaan orang tua,penghasilan tetap tiap bulan,kondisi lingkungan,serta
hubungan peserta didik dengan orang tua dan saudar-saudaranya.
9.
Dalam pengolahan data ada empat langkah pokok dalam mengolah hasil
penilaian.apa saja langkah pokok tersebut?
a. Menskor,yaitu memberikan skor pada hasil evaluasi
yang dapat dicapai oleh peserta didik .untuk menskor atau memberikan angka
dibutuhkan tiga jenis alat bantu,yaitu kunci jawaban, kunci skoring,dan pedoman
konversi.
b. Mengubah skor mentah menjadi skor standar sesuai
dengan norma tertentu
c. Mengkonversikan skor standar kedalam nilai,baik
berupa huruf atau angka.
d. Melakukan analisis soal (jika diperlukan) untuk
mengetahui derajat validitas dan reliabilitas soal, tingkat kesukaran soal dan
daya pembeda.
10.
Coba anda sebutkan penggunaan hasil evaluasi
a. Untuk keperluan laporan pertanggungjawaban
b. Untuk keperluan seleksi
c. Untuk keperluan promosi
d. Untuk
keperluan diagnosis
e. Untuk memprediksi masa depan peserta didik
11. Sebutkan karakter jenis-jenis tes objektif!
Karakter bentuk soal:
- Benar-salah: soal berupa pernyataan atau kalimat berita yang mengandung dua kemungkinan: benar atau salah.
- Multiplechoise: terdiri dari stem dan option, pokok soal dirumuskan dalam bentuk pernyataan tidak lengkap atau pertanyaan.
- Matching: terdiri dari stem dan option, seperangkat soal dan kemungkinan jawaban telah disediakan, namun jumlah kemungkinan jawaban lebih banyak dari pada pernyataannya.
- Completion: rumusan persoalan dalam bentuk kalimat pertanyaan, menuntut jawaban yang singkat.
- Short Answer: rumusan persoalan dalam bentuk kalimat pernyataan yang tidak lengkap dan menuntut jawaban yang singkat.
12. Sebutkan pengertian teknik penilaian tes objektif
dan ciri-cirinya beserta kekurangan dan kelebihannya!
Teknik penilaian tes merupakan
pelaksanaan penilaian dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang harus
dijawab oleh testi dan hanya memiliki satu jawaban yang benar.
Ciri-ciri tes objektif adalah:
Tugas testi sudah dipastikan (memilih, menjodohkn, mengisi jawaban); Biasanya
meliputi soal banyak Kunci jawaban sudah dibuat dengan pasti (mutlak) Untuk
mengevaluasi kemampuan kognitif (mengingat, mengasosiasi, dan
mengaplikasikan)
Kekurangannya adalah kemungkinan
testi menebak jawaban; membatasi kreativitas testi; bahasan materi
faktual.
Kelebihannya adalah waktu
pengerjaan relatif lebih singkat; butir soal lebih banyak, materi yang diungkap
pun banyak; proses penyekoran relatif lebih mudah, dapat dilakukan oleh yang
bukan penulis soal.
13.
Sebutkan pengertian teknik penilaian tes subjektif dan ciri-cirinya
beserta kekurangan dan kelebihannya!
Tes penilaian subjektif adalah
bentuk tes yang jawabannya berbentuk uraian.
Ciri-cirinya adalah jawaban
merupakan kata-kata dengan bahasa testi sendiri; jumlah pertanyaan sedikit;
tingkat kebenaran subjektif dan variatif; digunakan untuk mengevaluasi
kemampuan menganalisis, menarik kesimpulan dan menguraikan hubungan dan konsep.
Kelebihannya adalah waktu
pembuatan soal relatif lebih sedikit; cara berfikir testi dapat terlihat;
terdapat keluasan jawaban untuk kreativitas testi.
Kekurangannya adalah jumlah soal
terbatas, materi yang diungkap sedikit; penyekoran tidak dapat dilakukan oleh
orang lain kecuali pembuat soal.
14.
Tes lisan adalah tes yang menuntut jawaban dari peserta didik dalam
bentuk lisan.peserta didik akan mengucapkan jawabannya dengan kata-katnya
sendiri sesuai dengan pertanyaan atau perintah yang diberikan.jelaskan apa saja
kebaikan tes lisan?
a. Dapat mengetahui langsung kemampuan peserta didik
dalam mengemukakan pendapatnya secara lisan.
b. Tidak perlu menyusun soal-soal secara
terurai,tetapi cukup mencatat pokok-pokok permasalahannya saja.
c. Kemungkinan peserta didik akan menerka-nerka
jawaban yang berspekulasi dapat dihindari.
15. Apa perbedaan teknik penilaian tes dan non
tes?
Perbedaan teknik penilaian tes dan non tes dapat terlihat jelas dari 3
aspek yaitu jawaban, dimensi penilaian, dan tujuan hasil evaluasi.
- Untuk aspek jawaban pada teknik tes ialah kebenarannya bersifat mutlak, sedangkan non tes bersifat relatif – ada variasi kebenaran.
- Untuk aspek dimensi penilaian pada teknis tes biasanya ialah mengukur keterampilan kognitif dan ranah psikologi, sedangkan pada teknik non tes menitik beratkan pengukuran pada sikap dan keterampilan.
- Untuk aspek tujuan hasil evaluasi pada teknik tes ialah mengetahui lulus atau tidak, sedangkan hasil dari non tes berupa persetujuan atau kesesuaian denga nyang diharapkan dan biasanya bersifat kelembagaan.
16. Apa saja Macam-macam Instrument Evaluasi
Non-tes?
a.
Observasi (Observation)
b.
Wawancara (Interview)
c.
Skala Sikap (Attitude Scale)
d.
Daftar Cek (Check List)
e.
Skala Bertingkat (Rating Scale)
f.
Angket (Questioner)
g.
Studi Kasus (Case Study)
h.
Catatan Insidental (Anecdotal Records)
i.
Sosiometri
j.
Inventori Kepribadian
k.
Teknik Pemberian Penghargaan kepada Peserta Didik
17. Jelaskan pengertian evaluasi non tes?
Penilaian non test adalah “penilaian pengamatan
perubahan tingkah laku yang berhubungan dengan apa yang dapat diperbuat atau
dikerjakan oleh peserta didik dibandingkan dengan apa yang diketahui atau
dipahaminya”. Dengan kata lain penilaian non test behubungan dengan penampilan
yang dapat diamati dibandingkan dengan pengetahuan dan proses mental lainnya
yang tidak dapat diamati oleh indera.
18. Menurut pendapat anda mengapa evaluasi non tes
perlu dilakukan?
tahap evaluasi membutuhkan instrument yang bukan
hanya mampu pengukur keberhasilan mentransfer ilmu (kognitif) tetapi juga nilai
(afektif). Setiap aspek yang ada dalam proses pembelajaran membutuhkan
alat ukur yang tepat dan sesuai agar data yang diperoleh sesuai dengan kedaan
di lapangan. instrument evaluasi jenis non-tes diartikan sebagai sesuatu yang
digunakan untuk mempermudah pihak-pihak tertentu untuk memperoleh kualitas atas
suatu objek dengan menggunakan teknik non-tes.
19.
Salah satu Macam-macam Instrument Evaluasi Non-tes yaitu
observasi,jelaskan apa itu instrumen evaluasi dan apa karakteristik dari
observasi tersebut?
Observasi merupakan suatu proses pengamatan dan pencatatan secara
sistematis, logis, objektif dan rasional mengenati berbagai fenomena yang
bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi dan mengukur factor-faktor
yang diamati khususnya kecakapan social. Berikut ini beberapa karakteristik
dari observasi, yaitu:
a.
Mempunyai tujuan
b.
Bersifat ilmiah
c.
Terdapat aspek yang diamati
d.
Praktis
20. Apa saja kelemahan dan kelebihan jenis
instrument wawancara?
a.
Kelemahan:
1)
Jika subjek yang ingin diteliti banyak maka akan
memakan waktu yang banyak pula.
2)
Terkadang wawancara berlangsung berlarut-larut
tanpa arah.
3)
Adanya sikap yang kurang baik dari responden
maupun penanya.
b.
Kelebihan:
1)
Dapat memperolehinformasi secara langsung
sehingga objectivitas dapat diketahui.
2)
Dapat memperbaiki proses dan hasil belajar
3)
Pelaksanaannya lebih fleksibel, dinamis dan
personal
21. Apa Pengertian Penelitian Berbasis Kelas?
Penilaian berbasis kelas adalah suatu proses
pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan data dan informasi tentang hasil belajar
peserta didik untuk menetapkan tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik
terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
22. Apa Tujuan dan Fungsi Penilaian Berbasis
Kelas?
Tujuan umum penilaian berbasis kelas adalah untuk memberikan penghargaan
terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik dan memperbaiki program dan
kegiatan pembelajaran.
Fungsi penilaian berbasis kelas bagi peserta didik dan guru adalah untuk
:
(1). Membantu peserta didik dalam mewujudkan dirinya dengan mengubah atau
mengembangkan perilakunya kearah yang lebih baik dan maju.
(2). membantu peserta didik mendapat kepuasan atas apa yang telah
dikerjakannya.
(3). Membantu guru menetapkan apakah strategi, metode, dan media mengajar
yang digunakannya telah memadai.
(4). Membantu guru dalam membuat pertimbangan dan keputusan administrasi.
23.
Sesuai dengan petunjuk pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang
dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional, maka obyek penilaian berbasis
kelas adalah:
(1). Penilaian kompetensi dasar mata plajaran
(2). Penilaian kompetensi Rumpun pelajaran
(3). Penilaian kompetensi lintas kurikulum
Jelaskan ketiga obyek penilaian berbasis kelas tersebut!
(1). Penilaian kompetensi dasar
mata plajaran, yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang
direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah peserta didik
menyelesaikan suatu aspek atau subjek mata pelajaran tertentu.
(2). Penilaian kompetensi
Rumpun pelajaran, yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang
direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang seharusnya dicapai
oleh peserta didik setelah menyelesaikan rumpun pelajaran.
(3). Penilaian kompetensi
lintas kurikulum, yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang
direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang mencakup kecakapan
belajar sepanjang hayat dan kecakapan hidup yang harus dicapai oleh peserta
didik melalui pengalaman belajar secara berkesinambungan.
24. Domain Psikomotor untuk Penilaian Berbasis meliputi ?
a. Tingkatan penguasaan gerakan awal berisi kemampuan
peserta didik dalam menggerakkan sebagian anggota badan.
b. Tingkatan gerakan semirutin meliputi kemampuan
melakukan atau menirukan gerakan yang melibatkan seluruh anggota badan.
c. Tingkatan gerakan rutin berisi kemampuan melakukan
gerakan secara menyeluruh dengan sempurna dan sampai pada tingkatan otomatis.
25.
Sebutkan 5 diantara 7 Jenis-Jenis Penilaian Berbasis Kelas!
(1). Tes Tertulis
(2). Tes Perbuatan
(3). Pemberian Tugas
(4). Penilaian Proyek
(5). Penilaian Produk
(6). Penilaian Sikap
(7). Penilaian Portofolio
26. Jelaskan Pengertian Penilaian Autentik
Penilaian Autentik Adalah penilaian yang bermakna secara siknifikan atas
hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap,keterampilan,dan pengetahuan.
27. Menurut pendapat anda apa tujuan diterapkannya
penilaian portofolio di indonesia?
Penilaian portofolio sebagai suatu penilaian model
baru yang diterpkan di Indonesia sejak kurikulum 2004 tentu mempunyai maksud
dan tujuan tertentu, yaitu untuk meningkatkan kulitas pendidikan di Indonesia.
Portofolio sebagai salah satu bentuk penilaian berbasis kelas mempunyai
fu ngsi dan peran yang sangat strategis untuk menutupi kelemahan
penilaian yang telah dilakukan selama ini. Oleh sebab itu, penilaian portofolio
harus dilakukan secara akurat dan objektif serta mendasar pada
bukti-bukti autentikyang dimiliki oleh peserta didik.
28. Jelaskan hakekat penilaian portofolio?
Pada hakikatnya tujuan penilaian portofolio adalah
untuk memberikan informasi kepada orang tua tentang perkembangan peserta didik
secara lengakap dengan dukungan data dan dokumen yang akurat. Rapor merupakan
bentuk laporan prestasi peserta didik dalam belajar dalm kurun waktu tertentu.
Portofolio merupakan lampiran dar I rapor,dengan demikian rapor tetap harus
dibuat.
29. Sebutkan 3 Kelebihan dan Kekurangan
Penilaian Portofolio
1. Dapat melihat pertumbuhan dan perkembangan kemampuan peserta
didik dari waktu ke waktu berdasaekan feed-back
dan refleksi diri.
2. Membantu guru melakukan penilaian secara sdil,objektif,
transparan dan dapat dipertanggungjawabkan tanpa mengurangi kreativitas peserta
didik di kelas.
3. Mengajak peserta ididik untuk belajar bertanggungjawab
terhadap apa yang mereka telah kerjakan, baik di dalam kelas maupun di luar
kelas dalam rangka implementasi program pembelajaran.
4. Meningaktkan peran peserta didik secara aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan penilaian.
5. Membeeri kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan
kemampuan mereka.
6. Membantu guru mengklasifikasi dan mengidentifikasi program
pembelajaran.
7. Terlibatnya berbagai pihak
8. Memungkinkan peserta didik melakukan penilaian diri
9. Memungkinkan guru melakukan penilaian secara fleksibel, yetapi
tetapmengacu pada kompetensi dasar dan indicator hasil belajar yang ditentukan.
Adapun kekurangan penilaian portofolio antara lain.
1. Membuthkan wakyu dan kerja ekstra
2. Penilaian portofolio dianggap kyrang reliable dibandingkan
dengan bentuk peniliain yang lain
3. Ada kecenderungan guru hanya memperhatikan pencapain akir
sehingga proses penilaian kurang mendapat perhatian.
4. Orang tua peserta didik sering berfikir skeptic karena laporan
hasil belajar anaknya tidak berbentuk angka.
5. Tidak tersedianya kriteria penilaian yang jelas
6. Analisis terhadap penilaian portofolio masih relative baru
sehingga masih banyak guru, orang tua, dan peserta didik yang belum mengetahui
dan memahaminya.
7. Sulit dilakukan terutama menghadapi ujian dalam skala nasional.
30. Coba anda jelaskan mengenai prinsip portofolio
a. Mutul trust (saling mempercayai )
b. Confidentiality(kerahasiaan bersama)
Jawab:
1. Mutul trust (saling mempercayai ), artinya
jangan ada saling mencurigai antara guru dengan peserta didik maupun antar
peserta didik. Mereka harus sama-sama saling percaya, saling membutuhkan,
saling membantu, terbuka, jujur, dan adil sehingga dapat membangun suasana
penilaian yang lebih kondusif.
2. Confidentiality(kerahasiaan bersama),
artinya guru harus menjaga kerahasiaan semua hasil pekerjaan peserta didik dan
dokumen yang ada, baik perseorangan maupun kelompok, tidak boleh diberikan atau
diperlihatkan kepada siapa pun sebelum di adakan pameran. Hal ini dimaksudkan
agar peserta didik yang mempunyai kelemahan tidak merasa si permalukan.
Semoga Bermanfaat :)
BalasHapusMakasih kak, alah ma post
BalasHapusPtik "2014"
hahaha.... nyontek lah yaa
Hapushahahah copas doang
BalasHapussemoga saya bisa lulus dengan nilai A utk Mk.Ini.tqu referensiny
BalasHapuspas x yach
BalasHapusmakasih bisa berbagi tugasnya
BalasHapusterimaksh atas materinya
BalasHapus